Safety Sign

Safety sign adalah rambu berisi pesan-pesan K3LH yang berfungsi untuk mencegah terjadinya kecelakaan kerja. Bentuknya dapat berupa rambu peringatan, petunjuk arah atau lokasi, maupun panduan untuk menjalankan kewajiban atau larangan yang berlaku di perusahaan.

Material

Material yang digunakan untuk safety sign terbagi menjadi dua bagian utama, yaitu material plat (base) dan material stiker. Untuk bagian stiker, material yang kami gunakan adalah stiker reflektif kualitas terbaik (3M) yang memiliki daya rekat tinggi, tidak mudah mengelupas, tidak mudah rusak, dan memiliki tingkat reflektivitas tinggi sehingga warnanya dapat lebih mencolok atau terang saat terkena cahaya. Untuk bagian plat (base), material yang digunakan adalah PVC, akrilik, dan aluminium yang tahan terhadap korosi, bahan kimia, abrasi, serta memiliki daya tahan yang kuat baik untuk pemasang di dalam maupun di luar ruangan.

Daya Tahan

Untuk penempatan dalam ruangan yang tidak terkena matahari secara langsung, reflektivitas dan daya rekat stiker safety sign bisa bertahan selama lebih dari 5 tahun. Sementara untuk penempatan di luar ruangan yang terkena matahari secara langsung, reflektivitas dan daya rekat stiker safety sign bisa bertahan lebih dari 3 tahun.

Ukuran

Safety sign tersedia dalam beragam ukuran yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan, mulai  dari ukuran kecil (20 x 30 cm) sampai ukuran besar (90 x 60 cm). Kalau pun safety sign yang Anda butuhkan berada di luar ukuran tersebut, kami juga tetap bisa memproduksinya untuk Anda. Akan tetapi, hal ini tidak berlaku bagi safety sign yang sudah memiliki standar ukurannya sendiri, seperti sign IMO (15 x 15 cm), Label (10 x 10 cm atau 25 x 25 cm), sign APAR ( berbentuk segitiga sama sisi dengan setiap sisinya berukuran 35 cm), atau Rambu-Rambu Lalu Lintas (60 x 60 cm atau 90 x 90 cm).

Aksesori

Kami juga menyediakan tiang untuk memudahkan Anda dalam pemasangan safety sign. Tiang yang digunakan adalah pipa Galvanis, yaitu pipa berbahan baja yang dilapisi dengan seng yang telah dilelehkan. Hal tersebut membuat pipa Galvanis menjadi lebih kuat dan tahan lama serta memiliki resistansi yang tinggi terhadap karat.

Desain

Setiap safety sign yang kami produksi didesain sesuai dengan standar nasional yang mengacu pada regulasi pemerintah (seperti sign APAR, Limbah B3, atau Rambu Lalu Lintas) dan standar internasional seperti ANSI, ISO, BS, IMO, dan lain-lain. Penggunaan desain yang sesuai standar – mulai dari warna, jenis piktogram, hingga jenis huruf yang digunakan – membuat safety sign menjadi lebih seragam sehingga menjadi lebih mudah untuk dikenali atau dipahami karyawan.

Safety Sign Terlengkap

Safety Poster

Safety poster adalah poster berisi pesan K3LH dalam bentuk gambar kartun dengan ilustrasi yang artistik dan copywriting yang menarik. Biasanya dicetak di atas Luster Photo Paper dengan digital printing serta dapat juga dibuat dengan pigura blok atau akrilik. Safety poster tersedia dalam beragam tema yang sesuai untuk setiap potensi bahaya di perusahaan Anda.

Material

Untuk setiap safety poster yang dicetak, kami menggunakan material Luster Photo Paper 260 gr. Jenis kertas ini kami pilih dengan berbagai pertimbangan, terutama karena karakteristiknya yang mampu menghasilkan efek doff (tidak mengkilap) sehingga warna yang muncul terlihat lebih teduh dan sedikit gelap. Hal ini mampu memberikan kesan elegan, mewah, dan eksklusif pada safety poster Anda.  Selain itu, penggunaan material kertas ini juga dapat memenuhi kebutuhan untuk mencetak safety poster beresolusi tinggi.

Daya Tahan

Penggunaan Luster Photo Paper sebagai material safety poster membuat daya tahan hasil cetakannya tidak perlu diragukan lagi. Jangkauan warna Luster Photo Paper yang luas mampu menghasilkan safety poster dengan warna yang kaya dan tidak mudah pudar. Khusus untuk penempatan dalam ruangan yang tidak terkena matahari secara langsung, safety poster yang akan Anda gunakan bisa bertahan hingga lebih dari 5 tahun.

Desain

Desain safety poster terdiri dari beragam tema K3LH dengan ilustrasi yang telah disesuaikan dengan kondisi di berbagai area kerja. Didukung oleh desainer profesional yang memiliki tingkat kreativitas tinggi, menguasai berbagai jenis software pengolahan grafis, dan memahami estetika gambar juga penyusunan elemen-elemen visual lainnya, membuat setiap safety poster bukan saja unik, tapi juga menarik dan sesuai dengan kebutuhan serta jarak pandang pembaca.

Ukuran

Semua safety poster yang kami produksi tersedia dalam berbagai ukuran. Anda bisa memilihnya mulai dari ukuran umum yaitu A2 (420 x 594 cm) atau A3 (297 x 420 cm), A1 (594 x 841 cm), hingga A0 (841 x 1189 cm).

Aksesori

Kami juga menyediakan frame yang dapat Anda gunakan untuk membingkai safety poster yang akan dipasang di area kerja. Selain dapat memperindah tampilan safety poster sehingga lebih menarik untuk dilihat, tepi dekoratif ini juga sangat berguna untuk melindungi safety poster agar tidak mudah rusak. Pilihan frame tersebut yaitu:

  • Frame Biasa

Frame ini terbuat dari bahan polystyrene atau kayu sintetis berwarna exclusive black doff. Selain instalasinya yang mudah karena hanya tinggal digantung di dinding, dengan menggunakan frame ini, safety poster Anda akan terlihat lebih eksklusif serta elegan. Dan karena frame ini ditujukan untuk membingkai safety poster yang dipasang di dalam ruangan (indoor), maka Anda akan mendapat dua keuntungan sekaligus: meningkatkan keselamatan kerja dan menambah nilai estetis ruangan kerja.

  • Block Frame

Block frame terbuat dari bahan dan warna yang sama dengan frame biasa, yaitu polystyrene berwarna exclusive black doff. Namun, bentuk frame dan penempatan posternya agak berbeda. Block frame berbentuk seperti sebuah kotak yang memiliki volume. Safety poster ditempel di bagian depan dan tidak terbingkai oleh sisi-sisi frame sehingga terkesan memiliki efek 3D. Menempatkan safety poster dalam block frame akan membuatnya terlihat lebih menonjol, unik, gaya, serta menarik perhatian karyawan yang melihatnya.

  • Acrylic Frame

Acrylic frame terbuat dari bahan acrylic berwarna bening dengan ketebalan 3 mm di bagian depan dan 4 mm di bagian belakang. Tidak seperti frame biasa dan block frame yang permanen, acrylic frame lebih fleksibel karena safety poster yang ada di dalamnya bisa diganti-ganti. Walaupun pemasangannya lebih sulit karena harus ditempel di dinding dengan cara dibor, tapi hal ini membuatnya lebih kokoh dan tidak mudah lepas atau terjatuh. Dengan menggunakan frame ini, safety poster Anda akan terkesan lebih mewah dan menarik perhatian.

Safety Poster Terlengkap

Safety Sticker

Safety sticker adalah stiker yang memuat informasi K3LH di sebuah perusahaan, baik untuk kebutuhan di dalam maupun di luar ruangan. Safety sticker dibuat dengan ukuran yang kecil, menarik, tahan lama, dan dapat ditempel langsung di lokasi atau area kerja perusahaan untuk mencegah kecelakaan kerja.

Material

Kami menggunakan jenis Ritrama Vinyl Sticker sebagai material pembuatan safety sticker. Material ini digunakan mengingat karakteristiknya yang tahan air, tahan panas, dan memiliki daya rekat tinggi sehingga membuatnya cocok untuk pemasangan baik di dalam maupun di luar ruangan dengan berbagai permukaan media, baik datar, cekung, maupun cembung.  Selain itu, kualitas hasil cetaknya memiliki resolusi tinggi sehingga warna stiker lebih solid dan cerah.

Daya Tahan

Penggunaan material Ritrama Vinyl Sticker membuat safety sticker memiliki daya tahan yang kuat dan tidak mudah sobek. Untuk penempatan khusus dalam ruangan yang tidak terkena sinar matahari secara langsung, safety sticker bisa bertahan lebih dari 3 tahun. Sementara untuk pemasangan di luar ruangan, safety sticker yang dipasang bisa bertahan 1 hingga 2 tahun lebih.

Desain

Desain safety sticker terdiri dari beragam tema K3LH dengan ilustrasi yang telah disesuaikan dengan kondisi di berbagai area kerja. Didukung oleh desainer profesional yang memiliki tingkat kreativitas tinggi, menguasai berbagai jenis software pengolahan grafis, dan memahami estetika gambar juga penyusunan elemen-elemen visual lainnya, membuat setiap safety sticker bukan saja unik, tapi juga menarik dan sesuai dengan kebutuhan serta jarak pandang pembaca.

Ukuran

Ukuran safety sticker bergantung pada bentuknya, yaitu persegi panjang atau lingkaran. Untuk safety sticker berbentuk persegi panjang ukuran yang digunakan adalah 5 cm x 10 cm. Sementara untuk safety sticker dengan bentuk lingkaran memiliki ukuran diameter 10 cm.

Safety Sticker Terlengkap

Safety Handbook

Safety handbook adalah buku pegangan untuk karyawan yang berisi pedoman-pedoman K3LH yang berlaku di perusahaan. Buku ini berguna agar para karyawan, terutama karyawan baru, dapat mengetahui hal-hal apa saja yang harus dihindari untuk mencegah insiden ketika sedang bekerja.

Material

Untuk bagian cover (sampul) safety handbook, material yang kami gunakan adalah Art Paper dengan varian gramatur mulai dari 150 hingga 310 gram. Penggunaan jenis kertas ini dapat memberikan hasil cetakan yang bagus karena raster kertasnya halus dan warna cetak tampak lebih cerah. Selain itu, penggunaan Art Paper yang memiliki permukaan licin dan mengkilap memberikan kesan mewah pada cover safety handbook.

Sementara itu, untuk mencetak bagian isi safety handbook, material kertas yang digunakan adalah Matte Paper dengan gramatur 80 sampai 150 gram. Matte Paper merupakan salah satu jenis kertas terbaik untuk mencetak isi safety handbook. Jenis kertas ini memiliki lapisan putih yang memungkinkan tinta cepat kering saat pencetakan, tidak mudah kotor walau sering dipegang, dan tidak mudah sobek. Sangat berguna untuk jenis buku saku yang pastinya harus sering dibuka juga dibaca karyawan.

Kedua jenis material ini dapat pula diganti, tergantung keinginan atau pun kebutuhan perusahaan Anda.

Desain dan Konten

Melalui tangan para desainer profesional kami, setiap safety handbook didesain secara eksklusif dan disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan Anda. Isinya pun mudah dipahami karena tidak hanya berisi teks, tapi disertai dengan tambahan ilustrasi yang unik juga menarik. Hal tersebut tentunya sangat membantu dalam meningkatkan minta baca safety handbook pada karyawan Anda.

Ukuran

Untuk jenis pocket book atau buku saku, ukuran safety handbook yang digunakan memang cukup kecil. Safety handbook yang banyak digunakan oleh berbagai perusahaan yang datang sebagai klien kami biasanya berukuran A6 (10.5 cm x 15 cm) atau tidak lebih besar dari ukuran kertas A5 (14.8 x 21 cm).

Safety Handbook Terlengkap

Safety Sign Assessment

Safety sign assessment adalah kegiatan survei yang dilakukan untuk membantu Anda menentukan jumlah, desain, bahan, dan ukuran rambu atau media visual Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) lain beserta tempat dan cara pemasangannya.

Proses Pelaksanaan Safety Sign Assessment

Assessor kami akan melakukan penilaian secara menyeluruh terhadap area kerja Anda, mengumpulkan data, melakukan pencatatan, kemudian memberikan rekomendasi pemasangan rambu atau media visual K3 lain yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Safety Sign Assessment terbagi dalam 4 tahap:

  • Persiapan

Sebelum melakukan kunjungan dalam rangka menentukan ruang lingkup pekerjaan, tim profesional kami akan melakukan diskusi mendalam guna memahami dengan baik kebutuhan apa saja yang diperlukan perusahaan Anda.

  • Penetapan Jadwal Kunjungan

Jika target rambu atau media visual K3 Anda sudah ditetapkan, anggota tim kami akan menjadwalkan kunjungan langsung untuk menilai berbagai permasalahan yang ada di area kerja.

  • Pelaksanaan

Pada waktu yang ditentukan, tim ahli kami akan mendatangi dan menginspeksi area kerja Anda, terutama di sekitar lingkup proyek yang diinginkan, apakah di area produksi, warehouse, office, laboratorium, atau pun di seluruh area kerja.

  • Laporan

Jika sudah selesai, tim assessment akan memberikan laporan berupa rekomendasi rambu-rambu, label, dan media visual K3 apa saja yang perusahaan Anda perlukan beserta cara pemasangannya.

Keuntungan Menggunakan Jasa Safety Sign Assessment Kami

PT Safety Sign Indonesia menjamin bahwa kegiatan safety sign assessment ini dilakukan oleh tim profesional dan berpengalaman di bidang safety sign dan kampanye K3. Hal ini dapat membantu Anda terhindar dari pemborosan yang bisa terjadi karena pemasangan ratusan bahkan ribuan rambu yang mubazir akibat salah dalam memilih bahan (bahan tidak sesuai kondisi lingkungan), tempat pemasangan yang kurang strategis, rambu yang susah/tidak mudah terbaca, gambar tidak tepat dan tidak standar, dan lain-lain.

Selain itu, dari kegiatan safety sign assessment ini perusahaan Anda akan mendapatkan berbagai informasi, berupa:

  • Laporan rinci mulai dari foto area, lokasi yang disarankan untuk dipasangi rambu-rambu atau media visual K3 lain, cara pemasangan yang tepat, dan material rambu juga plat yang sebaiknya digunakan.
  • Rekomendasi untuk memilih rambu yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan, sesuai standar nasional maupun internasional, serta memiliki ukuran yang sesuai dengan jarak pandang.

Ruang Lingkup Safety Sign Assessment

Safety sign assessment dapat digunakan untuk menilai area kerja di berbagai bidang. Ruang lingkupnya antara lain mencakup:

  • Penetapan sign Alat Pelindung Diri (APD) baik untuk area kerja umum maupun khusus
  • Penetapan sign bahaya umum
  • Penetapan sign exit dan jalur evakuasi
  • Penetapan sign alat pemadam api
  • Penetapan sign material & limbah B3
  • Penetapan sign/rambu lalu lintas
  • Penetapan sign nama area/ruangan

Safety Sign Installation

Safety sign installation adalah jasa pemasangan safety sign yang akan digunakan di lingkungan perusahaan. Pemasangan dilakukan dengan menggunakan metode yang tepat, sesuai dengan media yang digunakan sebagai tempat pemasangan.

Proses dan Metode Pemasangan Safety Sign

Proses pemasangan safety sign berbeda-beda sesuai dengan metode pemasangannya. Metode pemasang safety sign sendiri terdiri dari empat jenis, yaitu pemasangan dengan cara ditempel, dibor, ditanam, dan digantung.

  • Metode Tempel

Proses pemasangan safety sign dengan menggunakan metode tempel cenderung sederhana. Pemasangan dilakukan dengan cara menempelkan double-side tape pada bagian belakang safety sign kemudian menempelkannya pada permukaan dinding yang rata, baik itu dinding tembok atau pun plat besi.

  • Metode Bor

Proses pemasangan safety sign pada metode ini dilakukan dengan cara mengatur terlebih dahulu tata letak dan ketinggian safety sign yang akan dipasang. Jika sudah sesuai, masing-masing sisi safety sign dan tembok yang akan dipasangi safety sign kemudian dibor. Setelah itu, safety sign dipasang dengan menggunakan baut.

  • Metode Tanam

Dalam metode tanam, proses pemasangan safety sign melibatkan penggunaan tiang sebagai media pemasangannya. Proses pemasangan diawali dengan mengukur kesesuaian letak safety sign pada tiang, memasangkannya pada tiang dengan cara mengebor sign pada besi penyangga yang terpasang di bagian atas tiang, setelah itu safety sign yang sudah terpasang pada tiang kemudian ditanam pada landasan atau tanah (yang sudah digali sebelumnya) dengan kedalaman 50 cm. Bagian bawah tiang juga diberi semen agar dapat terpasang dengan lebih kuat.

  • Metode Gantung

Dalam metode gantung, proses pemasangan safety sign melibatkan rantai sebagai media pemasangannya. Proses pemasangan dilakukan dengan cara mengebor sisi bagian atas safety sign kemudian menggantungnya dengan menggunakan rantai pada jarak dan ketinggian yang sesuai.

Keuntungan Menggunakan Jasa Pemasangan Safety Sign Kami

Secara garis besar, ada empat keuntungan utama yang bisa Anda peroleh dengan menggunakan jasa pemasangan safety sign kami, yaitu:

  • Pemasangan Dilakukan oleh Tim Profesional

Semua kegiatan pemasangan dilakukan oleh tim profesional yang terlatih, berpengalaman, serta khusus bergelut di bidang pemasangan safety sign dan media kampanye K3LH lainnya. Tim profesional kami ini akan senantiasa memastikan bahwa safety sign Anda terpasang dengan benar dan sesuai standar serta menjamin area yang ditinggalkan setelah pemasangan dalam keadaan baik dan rapi.

Selain itu, tim pemasangan kami juga mempunyai peralatan kerja yang lengkap dan tingkat safety-awareness yang tinggi. Jadi, ketika akan mengerjakan pemasangan safety sign, semua personil sudah siap dengan alat kerja dan Alat Pelindung Diri (APD) masing-masing, mulai dari pelindung kepala hingga pelindung kaki.

  • Pemasangan Dilakukan dengan Menggunakan Metode yang Tepat

Metode pemasangan yang tidak tepat dapat memengaruhi ketahanan safety sign yang terpasang, seperti menjadi mudah lepas atau jatuh. Oleh karena itu, kami selalu menggunakan metode yang tepat untuk memasang setiap safety sign. Sebagai contoh, jika permukaan tembok yang akan dipasangi safety sign kurang rata dan kasar, maka kami akan memasang safety sign dengan menggunakan bolt dan fischer. Kami tidak akan menggunakan double tape karena daya rekatnya tentu saja tidak cukup baik dan tidak sesuai untuk jenis tembok dengan karakteristik demikian.

  • Safety Sign Menjadi Lebih Efektif

Penyampaian informasi keselamatan kerja melalui safety sign tidak akan efektif dan sesuai harapan jika pemasangannya dilakukan dengan tidak sesuai, baik itu dalam segi posisi, ketinggian, hingga jarak keterbacaannya. PT Safety Sign Indonesia memberi jaminan pada Anda bahwa masing-masing safety sign akan terpasang dengan tepat dan sesuai standar sehingga berbagai informasi terkait K3LH dapat tersampaikan dengan baik dan efektif.

  • Menghemat Waktu dan Tenaga Anda

Pemasangan safety sign dapat menyita waktu dan tenaga. Apalagi jika pemasangan ini dilakukan oleh orang yang tidak kompeten atau tidak mempunyai pengalaman khusus di bidang pemasangan safety sign. Oleh karena itu, kami hadir untuk menjadi partner tepercaya Anda dalam mengatasi hal ini. Tim profesional kami memiliki dedikasi tinggi untuk memastikan pekerjaan pemasangan safety sign dilakukan dengan cepat dan tepat.

Ruang Lingkup Area Pemasangan Safety Sign

Pemasangan safety sign dapat dilakukan di berbagai area, baik di dalam maupun di luar ruangan, sesuai dengan jenis dan fungsinya. Area pemasangan di dalam ruangan (indoor) meliputi seluruh area yang memiliki penutup atau atap, seperti ruang kantor, gudang (warehouse), laboratorium, hingga area line production. Area pemasangan di luar ruangan (outdoor) mencakup berbagai area terbuka yang tidak memiliki atap, seperti area offshore (lepas pantai), sumur migas, area parkir terbuka, area pengolahan limbah, dan  jalan raya.

Safety Video, Audio, dan CBT

Safety video, audio, dan CBT adalah media kampanye Kesehatan dan Keselamatan Kerja dalam format video, audio, dan e-learning.

Safety Induction Video

Safety induction video adalah video prosedur Kesehatan, Keselamatan Kerja, dan Lingkungan. Safety video induction disajikan menyerupai bentuk kegiatan safety briefing yang diberikan kepada karyawan baru, tamu proyek (kontraktor), atau pihak-pihak terkait lainnya yang perlu mengetahui tentang kebijakan K3L dalam suatu proyek.

Safety induction video ini sangat berguna untuk membantu petugas K3 (HSE Officer) agar tidak berulang kali menyampaikan induksi Kesehatan dan Keselamatan Kerja yang sama kepada setiap karyawan baru, tamu, atau kontraktor yang baru memasuki lingkungan perusahaan. Dengan menggunakan safety induction video, Anda hanya tinggal memutarnya, dan pemberian safety induction pun bisa berjalan tanpa menguras banyak tenaga.

Selain itu, dengan menggunakan safety induction video, berbagai detail informasi K3 yang ingin Anda sampaikan tidak akan ada yang tertinggal atau terlewatkan. Karena semua materi akan terjaga konsistensi dan keseragamannya.

Disertai penggunaan gambar bergerak (motion), safety induction video mampu menggambarkan berbagai informasi terkait prosedur K3 dengan lebih nyata dan komunikatif. Pengenalan atau pelatihan materi Kesehatan dan Keselamatan Kerja pun akan menjadi lebih efektif dan mudah diterima.

Dalam proses produksinya, PT Safety Sign Indonesia akan membantu seluruh kegiatan pembuatan safety induction video mulai dari tahap praproduksi, produksi (shooting) sampai post-produksi (editing).

Spesifikasi:

  • Durasi : 3-90 menit
  • Bahasa  : Indonesia, Inggris, Mandarin, dll.
  • Terjemahan : Indonesia, Inggris, Mandarin, dll.
  • Waktu produksi : 30-45 hari

Safety Animation

Safety animation adalah video berisi pesan-pesan Kesehatan dan Keselamatan Kerja yang dikemas dalam bentuk animasi 2 dimensi (2D) dan 3 dimensi (3D). Dalam safety animation terdapat beragam bentuk karakter animasi unik yang membuat penyampaian pesan K3 menjadi lebih menyenangkan dan mudah dipahami audiens.

Spesifikasi:

  • Durasi  : 3-10 menit
  • Bahasa  : Indonesia
  • Waktu produksi : 45-90 hari

Video Reka Ulang Kecelakaan

Video reka ulang kecelakaan adalah video rekonstruksi sebuah kecelakaan yang dibuat berdasarkan kejadian nyata yang terjadi di lapangan, dokumen investigasi kecelakaan, data-data narasumber, dan foto-foto lokasi kecelakaan. Video ini dikemas dalam bentuk animasi 3 dimensi (3D).

Spesifikasi:

  • Durasi    : 5-10 menit
  • Bahasa    : Indonesia
  • Teknik penyajian : Animasi + Shooting

Safety Audio

Safety Audio adalah media sosialisasi Kesehatan dan Keselamatan Kerja dalam bentuk audio berupa dialog dengan cara penyampaian yang unik dan informal. Safety audio biasanya diputar menggunakan paging system atau pengeras suara sehingga dapat terdengar ke seluruh area perusahaan.

Media sosialisasi K3 jenis ini dapat digunakan sebagai pelengkap media lain, baik safety video maupun pop-up, dan akan lebih baik jika diputar berulang kali agar lebih mudah dipahami karyawan.

Spesifikasi:

  • Durasi   : 1-2 menit
  • Bahasa   : Indonesia
  • Jenis file : wav dan mp3

Safety CBT (E-Learning)

Safety Computer Based Training (CBT) adalah media pelatihan dan pengenalan materi Kesehatan dan Keselamatan Kerja berbasis CD, LAN, atau WEB Interactive. Safety CBT disampaikan melalui perangkat lunak yang diinstal pada komputer, melalui internet, atau melalui perusahaan atau pendidikan intranet.

Spesifikasi:

  • Durasi   : 10-60 menit
  • Jumlah halaman : disesuaikan
  • Waktu produksi : 21-45 hari
  • Bahasa   : Indonesia, Inggris