Media edukasi Covid-19 digunakan sebagai pengingat untuk pekerja agar selalu disiplin menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penularan di tempat kerja.

Dokumentasi PT Safety Sign Indonesia

Di saat  kurva pandemi Covid-19 masih menanjak, sektor perkantoran maupun di tempat kerja lain, kini justru jadi salah satu klaster penularan Covid-19 baru.

Tidak hanya klaster keluarga, klaster perkantoran saat ini menjadi sorotan. Banyak orang yang terpapar karena berada dalam satu ruang kerja yang sama. Di DKI Jakarta, perkantoran menjadi klaster penyebaran Covid-19 tertinggi di Ibu Kota.

Dilansir cnnindonesia.com, data per 18 September 2020 kantor kementerian menyumbang 1.223 kasus covid-19. Disusul kantor swasta 639, badan/lembaga negara 625, pemda DKI 601 kasus dan pasar 324 kasus.

Ketua Tim Pakar sekaligus Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19, Prof Wiku Adisasmito mengungkapkan, dua penyebab tingginya penularan Covid-19 di klaster perkantoran karena ada pekerja yang awalnya terjangkit dari pemukiman rumah atau dalam perjalanan menuju kantor.

Wiku juga menambahkan, lengahnya protokol kesehatan di sela-sela waktu kerja juga berkontribusi pada tingginya kasus klaster perkantoran. Istirahat makan siang dan ibadah menjadi momen rawan penularan Covid-19 di perkantoran karena pekerja biasanya lengah untuk menjaga jarak serta tentu membuka masker lalu berhadap-hadapan.

Melihat tingginya kasus dan penyebab klaster perkantoran, maka upaya pencegahan dan pengendalian kerja perlu dilakukan lebih ketat lagi oleh setiap perusahaan. Salah satu upaya pencegahan yang dapat dilakukan perusahaan adalah dengan sosialisasi dan edukasi pekerja mengenai Covid-19 melalui pemasangan sign, stiker, banner, dan media edukasi lainnya.

Baca juga artikel ini:

4 Media Edukasi Covid-19 yang Wajib Ada di Perusahaan

Sudah tujuh bulan Indonesia dilanda pandemi Covid-19. Selain lansia dan komorbid (penyakit penyerta), para pekerja merupakan kelompok yang juga berisiko, mengingat klaster perkantoran saat ini menjadi salah satu yang terbesar di Indonesia.

Sumber: tempo.com

 Guna melindungi kesehatan dan keselamatan pekerja, perusahaan harus melakukan sosialisasi dan edukasi kepada pekerja. Sesuai Keputusan Menteri Kesehatan No.328 Tahun 2020, edukasi harus dilakukan secara intensif kepada seluruh pekerja untuk memberikan pemahaman yang benar terkait pandemi Covid-19, sehingga pekerja dapat secara mandiri melakukan tindakan preventif dan promotif guna mencegah penularan penyakit.

Kepmenakes tersebut juga menjelaskan metode edukasi yang dapat dilakukan, di antaranya pemasangan sign, stiker, poster, banner, dll. di area strategis yang mudah dilihat setiap pekerja seperti di pintu masuk, area makan/kantin, area istirahat, dan tangga.

Memasang berbagai media edukasi Covid-19 ini merupakan salah satu upaya yang efektif untuk mengingatkan pekerja, kontraktor, atau tamu perusahaan agar selalu disiplin menerapkan protokol Covid-19 di tempat kerja.

 

Karena itulah, PT Safety Sign Indonesia hadir untuk turut serta membantu mencegah dan mengendalikan potensi penularan Covid-19 di tempat kerja dengan menyediakan berbagai media edukasi yang berhubungan dengan protokol Covid-19, di antaranya:

1. Sign Covid-19

Sign Covid-19 adalah sebuah media komunikasi visual berupa piktogram/simbol dan teks yang berguna untuk menyampaikan berbagai informasi terkait protokol kesehatan yang wajib diterapkan pekerja, kontraktor, dan/atau tamu perusahaan guna mencegah penularan Covid-19 di tempat kerja.

Protokol kesehatan tersebut meliputi perintah untuk tetap menjaga jarak aman, mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer, memakai masker, hingga mengecek suhu tubuh sebelum memasuki area kerja.

Sign ini terbuat dari bahan stiker vinil premium (metode printing) dan reflektif (metode cutting) yang dipasang pada pelat berbahan aluminium 1,2 mm, akrilik 2 atau bisa juga sticker only. Sign Covid-19 juga terdiri dari berbagai macam layout, di antaranya two panel sign, three panel sign, dan multiple sign.

Sign Covid-19

Sumber: Dokumentasi PT Safety Sign Indonesia

2. Stiker Dinding/Kaca dan Lantai Covid-19

Stiker Covid-19 adalah sebuah media informasi visual berisi berbagai protokol kesehatan Covid-19 yang nantinya dapat ditempelkan di berbagai media, seperti dinding, kaca, atau lantai. Stiker dinding/kaca digunakan untuk mengingatkan pekerja, kontraktor, dan tamu perusahaan agar tetap menjaga jarak aman 2 meter dan memakai masker selama beraktivitas atau berada di tempat kerja.

Stiker Dinding/Kaca Covid-19

Sumber: Dokumentasi PT Safety Sign Indonesia

Sementara stiker lantai social/physical distancing di area kerja atau fasilitas Anda digunakan untuk memberi tahu pekerja, kontraktor, dan tamu perusahaan, di mana mereka harus berdiri ketika menerapkan jaga jarak aman dengan orang lain di depan atau di belakangnya.

Stiker Lantai Covid-19

Sumber: Dokumentasi PT Safety Sign Indonesia

Stiker Covid-19 ini terbuat dari bahan vinil atau reflektif yang dapat menempel kuat pada dinding/kaca atau lantai, serta mudah dipasang dan dilepas. Khusus stiker reflektif dapat menyala ketika tersorot lampu. Stiker ideal dipasang di area strategis yang mudah dilihat banyak orang, seperti pintu masuk, ruang customer service, area makan/kantin, ruang tunggu, dll.

3. Poster Cuci Tangan

Di saat kepatuhan terhadap penggunaan masker sudah meningkat, cuci tangan malah sering terabaikan. Sementara penelitian tahun 2016 di New South Wales, Australia, menyebutkan, orang-orang menyentuh wajah sekitar 23 kali dalam satu jam.

Hampir setengah dari sentuhan wajah melibatkan mulut, hidung, atau mata yang umumnya menjadi jalur termudah bagi virus dan bakteri memasuki tubuh. Untuk itulah, mencegah penyebaran virus dengan rutin mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir sangat diperlukan.

Terkait kewajiban mencuci tangan di tempat kerja, sesuai Kepmenakes No. 328 tahun 2020, perusahaan harus mengampanyekan Pola Hidup Sehat dan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di tempat kerja, salah satunya mendorong pekerja untuk rutin mencuci tangan baik sebelum, selama, atau setelah bekerja.

Mencuci tangan mungkin terlihat cukup mudah, tetapi kenyataannya hanya 5 persen orang benar-benar memahami cara mencuci tangan yang baik dan benar. Padahal mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir dapat menurunkan risiko terkena penyakit bakterial sebesar 50%.

Melihat sangat pentingnya peran mencuci tangan yang baik dan benar, maka sesuai Kepmenakes No.328, perusahaan juga diwajibkan memberikan petunjuk lokasi sarana cuci tangan dan memasang poster edukasi cara mencuci tangan yang benar.

Poster K3 Cucilah Tangan Sebelum dan Setelah Selesai Bekerja

Sumber: safetyposter.co.id

Poster berisi cara mencuci tangan dalam bentuk gambar kartun dengan ilustrasi yang artistik dan copywriting yang menarik dapat lebih mudah dipahami dan diikuti pekerja. Jadi, melalui pemasangan poster cara mencuci tangan ini diharapkan kepedulian pekerja dan seluruh orang yang berada di area perusahaan akan pentingnya mencuci tangan pun dapat meningkat.

4. Banner Protokol Covid-19

Sama seperti media edukasi Covid-19 lainnya, banner protokol Covid-19 digunakan untuk mengingatkan pekerja, kontraktor, dan tamu/pengunjung untuk selalu disiplin melakukan langkah-langkah pencegahan Covid-19 guna mencegah penularan.

Banner didesain eksklusif dengan ilustrasi dan copywriting menarik dalam bentuk vertikal atau potrait dan memiliki beragam ukuran yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Banner terdiri dari berbagai jenis, di antaranya X Banner, Y Banner, dan Roll Up Banner.

Dokumentasi PT Safety Sign Indonesia

Dalam menghadapi pandemi Covid-19, tindakan pencegahan dan pengendalian kerja yang efektif memiliki efek positif pada kelangsungan usaha dan pekerjaan. Memastikan bahwa tempat kerja aman dan sehat sangat penting untuk membatasi penyebaran virus, melindungi kesehatan pekerja dan seluruh orang yang berada di area perusahaan.

Mari minimalkan risiko penularan dengan memaksimalkan pencegahan Covid-19 melalui pemasangan media edukasi Covid-19 di tempat kerja. Ayo bersatu melawan Covid-19!

Mau tahu informasi lebih lengkap mengenai berbagai produk Covid-19 Safety Signs? Download katalognya di sini  ya, Sob.

Salam safety!

 

 

×