Liburan akhir tahun menggunakan mobil pribadi mungkin bisa mengurangi penularan, namun protokol kesehatan tetap harus dijalankan.

Sumber: outsideonline.com

Liburan akhir tahun akan segera tiba. Persiapan matang pun harus dilakukan, termasuk jika Anda ingin menggunakan mobil pribadi. Pergi berlibur menggunakan mobil pribadi menjadi pilihan banyak orang untuk menghabiskan libur pada momen Hari Natal dan Tahun Baru. Menggunakan mobil pribadi dianggap bisa menurunkan potensi penularan Covid-19 ketimbang transportasi umum.

Dilansir dari detik.com, liburan menggunakan mobil ternyata lebih aman daripada moda transportasi lain di saat pandemi Covid-19 ini. Hal itu diungkapkan profesor Departemen Epidemiologi Milken Institute School of Public Health di George Washington University, Dr. Amanda Castel.

Castel menyatakan, liburan dengan menggunakan mobil, Anda dapat lebih mengontrol keamanan dan kebersihan kendaraan serta situasi dalam perjalanan. Jika Anda berhati-hati, Anda akan lebih sedikit berinteraksi dengan orang lain dibandingkan jika Anda menggunakan pesawat, kereta api, atau transportasi umum lainnya.

Mengendarai mobil pribadi itu memang private, mungkin bisa lebih mengurangi penularan. Meski demikian, proteksi diri tetap harus diutamakan untuk mencegah terinfeksi Covid-19. Ada beberapa hal yang tetap harus diperhatikan untuk menghindari penularan Covid-19 di mobil pribadi.

Baca juga artikel ini:

Protokol Kesehatan Liburan Menggunakan Mobil Pribadi Saat Pandemi

Biasanya, liburan akhir tahun tidak hanya berwisata di dalam kota, tetapi bisa juga ke luar kota dengan jarak yang cukup jauh. Meski dianggap “aman” daripada transportasi umum, penggunaan mobil pribadi baik di dalam atau ke luar kota di masa pandemi ini tetap wajib mematuhi protokol kesehatan.

Sumber: whatson.ae

Selain mempersiapkan kendaraan yang akan digunakan, kondisi fisik pengemudi juga harus dijaga agar perjalanan bisa ditempuh dengan aman dan nyaman. Apa saja yang perlu diperhatikan saat berlibur menggunakan mobil pribadi di tengah pandemi Covid-19? Yuk, simak penjelasannya berikut ini.

1. Sebelum perjalanan

a. Mencari informasi tentang destinasi tujuan

Pastikan status daerah destinasi wisata tergolong zona hijau dan pilih penginapan yang menerapkan protokol kesehatan ketat. Cari tahu juga protokol kesehatan, kebijakan, dan regulasi di destinasi wisata.

b. Siapkan dan bawa selalu new normal starter pack

Perlengkapan pencegahan Covid-19 juga wajib Anda bawa, di antaranya masker cadangan, hand sanitizer, face shield, tisu basah dan kering, peralatan ibadah, serta peralatan makan dan minum.

c. Pastikan pengemudi dan penumpang dalam kondisi sehat

Pastikan pengemudi dan siapa pun yang ingin menumpang itu harus dalam kondisi sehat untuk mencegah potensi penularan di dalam mobil. Sebelum bepergian jauh, pengemudi juga harus melakukan sejumlah persiapan, di antaranya:

  • Tidur dan istirahat yang cukup
  • Asupan makanan sehat dan berkualitas.

d. Pastikan mobil dalam kondisi baik

Pastikan bahan bakar telah diisi penuh, terutama jika perjalanan jauh. Cek kondisi mobil lainnya, seperti aki, ban, wipper, lampu, hingga rem. ada baiknya jika kamu melakukan servis mobil sebelum berangkat. Bawa juga tool kit dan perangkat emergency.

e. Pastikan kabin mobil dalam keadaan bersih

Buang semua sampah dan turunkan barang yang tidak terpakai di dalam mobil sebelum berkendara. Anda juga bisa menyedot debu-debu interior menggunakan vacuum cleaner, mulai dari selipan-selipan di dasbor, kisi-kisi AC, cup holder, door trim, jok mobil, hingga bagian karpet dan lantai.

f. Rutin membersihkan bagian mobil yang sering di sentuh

Bersihkan bagian mobil yang sering dipegang tangan, seperti pegangan pintu, setir, tombol pada dasbor, sabuk pengaman, tombol power window, tuas persneling, serta kunci mobil. Saat membersihkan, sesuaikan dengan bahan dari bagian-bagian mobil tersebut.

Sumber: whatson.ae

g. Mencuci eksterior atau bersihkan dengan disinfektan

Cuci bagian luar mobil (eksterior) atau bersihkan dengan disinfektan sebelum Anda berangkat.

h. Tetap perhatikan jumlah penumpang

Kabin jangan terlalu penuh oleh penumpang dan jaga jarak tetap berlaku walau sesama anggota keluarga. Ikuti aturan protokol penggunaan transportasi selama masa pandemi.

i. Selalu sediakan masker di laci dasbor dan hand sanitizer di panel pintu

Perlu diingat, hindari meninggalkan hand sanitizer di dalam mobil ketika kendaraan hendak diparkir kembali. Sebab, kandungan alkohol pada cairan ini bisa menimbulkan kebakaran saat terpapar suhu kabin yang panas.

j. Wajib membuka kaca jendela mobil di pagi hari agar terjadi pertukaran udara

k. Mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer sebelum mengemudi.

Sumber: autotrader.ca

2. Saat di perjalanan

a. Wajib memakai masker dan mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer

Pastikan pengemudi dan semua penumpang mobil selalu menggunakan masker dan membersihkan tangan dengan hand sanitizer usai memegang benda apa pun.

b. Hati-hati menggunakan toilet umum

Dalam perjalanan menggunakan mobil, ada kalanya Anda harus menggunakan toilet umum. Penting untuk tetap memakai masker selama di toilet umum, menjaga jarak dengan orang lain, dan mencuci tangan setelah dari toilet umum.

c. Gunakan cashless di SPBU

Ketika hendak mengisi bahan bakar, tetaplah mengenakan masker dan usahakan untuk membayar dengan cashless. Namun, jika Anda membayar dengan uang cash, segeralah mencuci tangan atau membersihkan tangan menggunakan hand sanitizer.

d. Sesekali membuka kaca mobil

Membuka kaca mobil ini tentu dapat Anda lakukan jika kondisi lingkungan jalannya asri, jangan sampai Anda justru terpapar polusi ketika membuka kaca di perkotaan.

e. Hindari menyetir jika lelah atau mengantuk

Jangan paksakan jika lelah atau mengantuk mulai terasa. Anda cukup mengemudi 3-4 jam, kemudian istirahat kurang lebih 20 menit. Carilah tempat peristirahatan yang cukup nyaman di sepanjang perjalanan, termasuk yang dilengkapi dengan restoran dan kamar mandi/musala.

f. Tetap disiplin memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak setiap keluar dari mobil atau sampai di penginapan/destinasi wisata.

Sumber: herbchambersinfinitiofwestborough.com

3. Setelah tiba di destinasi wisata

  • Gunakan masker selama berada di tempat wisata
  • Jaga jarak dengan wisatawan lain dan tidak berkerumun
  • Sering mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer
  • Hindari menyentuh area wajah seperti mata, hidung, dan mulut
  • Segera mandi dan berganti pakaian setibanya di hotel
  • Bersihkan barang bawaan dengan disinfektan
  • Jaga kesehatan dengan mengonsumsi multivitamin dan makanan bergizi selama berlibur.

4. Setelah selesai liburan

a. Bersihkan diri sesampai di rumah

Wajib mengganti seluruh pakaian setelah beraktivitas dan mandi.

b. Bersihkan benda-benda yang telah digunakan

Lakukan penyemprotan cairan disinfektan kepada bagian dan benda yang telah digunakan selama perjalanan, seperti dompet, sepatu, dll.

c. Bersihkan kembali kabin dan bagian luar mobil setelah digunakan.

Siap menyambut akhir tahun dengan berlibur? Bagi Anda yang hendak memanfaatkan Hari Raya Natal dan Tahun Baru untuk liburan menggunakan mobil pribadi, tetaplah menjalankan protokol kesehatan, minimal memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan di mana pun Anda berada ya, Sob.

Salam safety!

 

 

 

×